DIBYO

 

Lurik Batik

Batik., siapa yang tidak mengenal batik. Batik merupakan suatu bentuk warisan budaya yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli bangsa Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia ini banyak sekali menghasilkan karya batik dengan berbagai motif khas daerah masing-masing. Segala bentuk acara formal maupun non formal pun banyak diantara orang-orang hadir menggunakan batik. Memang, patut diakui bahwa batik memiliki pesona daya tarik yang sangat indah. Maka dari itu, patutlah kita sebagai bagian dari bangsa ini harus bangga dan mencintai produk dalam negeri sebagai bentuk warisan budaya bangsa.

Lurik., siapa yang tau tentang Lurik..??? Mungkin hanya beberapa orang saja yang tau akan keberadaan Lurik. Lurik sebenarnya juga merupakan suatu bentuk warisan budaya bangsa yang bisa dibilang tidak banyak orang yang mengenalnya seperti halnya dengan batik, karna memang lurik ini berada hampir pada kepunahannya. Lain halnya dengan batik, lurik ini jarang sekali dipakai untuk acara-acara baik formal maupun non formal karena orang cenderung mengidentikkan Lurik ini hanya bisa digunakan untuk pembuatan pakaian surjan (yang mungkin sebagai orang mengidentikkannya dengan pakaian kusir andong). Sungguh sangat ironis, karna sungguh itu pemahaman yang sebenarnya kurang tepat untuk penilaian terhadap tradisi warisan budaya bangsa.

Pada saat ini, orang-orang yang mencintai Lurik telah mencoba melakukan sesuatu untuk kembali menghidupkan lurik. Banyak diantara mereka yang mencoba untuk mengubah pandangan kuno orang-orang tentang Lurik. Mulai dari desainer, mahasiswa, maupun orang-orang kreatif yang di tangan mereka Lurik menjadi kelihatan cantik. Di tangan-tangan mereka lah kini lurik menjadi sangat cantik untuk diaplikasikan mulai dari fashion, kerajinan, aneka souvenir seperti tas, dompet, gorden, taplak, sofa, bahkan ada juga sebuah rumah yang dibangun dengan disain interior seluruh dindingnya dilapisi dengan lurik.

Ada juga yang baru-baru ini banyak dibicarakan, yaitu Lurik Batik. Yaa, ini adalah sebuah bentuk karya yang mencoba memadukan Lurik dengan Batik. Memang di sini juga bisa sebagai bukti bahwa, produk-produk budaya itu bisa dipadukan serasi hingga menghasilkan suatu karya baru tanpa menghilangkan nilai asli masing-masing produk budaya. Inilah yang coba diterapkan dalam Lurik Batik. Proses pembuatannya sama. Yaitu didahului dengan proses pembuatan kain lurik, baru kemudian setelah itu dilakukan proses batik terhadap kain Lurik tersebut, dan hasilnya sungguh luar biasa.

gambar Lurik Batik

Disinilah bukti ke eksistensian produk budaya warisan bangsa. Sebuah tekad bulat, bahwa budaya harus dilestarikan, karena bangsa kita adalah bangsa yang sungguh luar biasa kaya akan berbagai bentuk warisan budaya. Dan di tangan kita lah nasib warisan budaya bangsa ini dipertaruhkan.

(Jussy Rizal, 16 Mei 2012)